Selasa, 17 Maret 2015

Riset Pasar : Alasan Konsumen dalam Memilih Produk Parfum Baju


Riset Pasar : Alasan  Konsumen dalam Memilih Produk Parfum Baju

I.                   Introduksi
Parfum baju menjadi kebutuhan terpenting dalam kehidupan manusia untuk mempertahankan eksistensinya. Eksistensi individu menurut tokoh terjadi tergantung pada kemampuan dalam mengaktualisasikan potensi-potensinya (Abidin Zaenal (2007:16). Khususnya bagi para anak muda yang ingin mengaktualisasikan diri dan selalu menginginkan penilaian yang bagus dari teman sebayanya. Mereka rela membeli parfum baju dengan harga yang sangat fantastis dan yang terpenting parfum yang digunakan tersebut sesuai dengan parfum favoritnya.
Dengan adanya fenomena tersebut penelitian ini akan mencoba mencari jawaban tentang alasan yang paling penting bagi para anak muda tentang produk parfum yang mereka beli dan mereka gunakan setiap harinya dalam menunjang penampilannya.
II.                Tujuan
Tujuan penelitian yang dilakukan ini ingin mengetahui alasan terpenting bagi anak muda dalam membeli parfum baju. Sehingga penelitian ini juga dapat digunakan sebagai refensi dan acuan bagi para penjual parfum bahkan perusahaan parfum untuk mengetahui posisi produknya dalam pasar.
III.             Metodologi
a.       Teknik Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada penelitian ini adalah para mahasiswa Fakultas Ekonomi UAJY. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling dengan 30 responden sebagai sampel.
b.      Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk mengumpulkan data mengingat sampel yang dipilih adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UAJY yang sangat banyak jumlah mahasisanya.
c.       Tempat dan Waktu Riset
Riset dilakukan di daerah kampus 3 Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Waktu riset pada tanggal 14 Maret 2015. 

IV.             Hasil Riset
Keterangan gambar 1 : tentang pertanyaan merk parfum baju yang dibeli, dan hasilnya dari 30 responden menjawab 46,67% memilih merk parfum Belagio, selanjutnya 33,33% merk Cassablanka, dan terakhir merk Pucelle 20,00%.

Keterangan gambar 2 : tentang pertanyaan Apakah ketika akan membeli parfum baju, anda bertanya sama teman dekat anda tentang parfum tersebut dan jawaban dari responden 56,67% tidak bertanya dengan temannya dan 43,33% mereka bertanya sama teman dekatnya.



Keterangan gambar 3 : pertanyaan tentang Apa yang menjadi alasan paling penting ketika membeli parfum tersebut. Jawaban responden 53,33% memilih jawaban harga mahal dan kualitas bagus, selanjutnya 30,00% memilih jawaban murah dan yang terpenting sudah harum wanginya, kemudian 16,67% menjawab harga murah dan kualitas sedang.



Keterangan gambar 4 : untuk pertanyaan Berapa kisaran harga parfum yang anda beli? Responden menjawab 56,67% memilih jawaban < 50.000, selanjutnya 26,67% memilih jawaban > 50.000 sampai 100.000. Yang terakhir 16,67% memilih jawaban >100.000.







Keterangan gambar 5 : Untuk pertanyaan Apakah anda pernah terpengaruh sama ajakan teman anda ketika membeli parfum. Dan jawaban responden 46,67 lebih memilih hanya terpengaruh, kemudian 40,00% tidak pernah dan 13,33% memilih jawaban sering.







KESIMPULAN
Dari data yang telah  dipaparkan diatas parfum yang banyak dibeli oleh para anak muda adalah parfum merk Belagio. Ketika membeli produk parfum mereka tidak bertanya terlebih dahulu tentang produk yang akan dibeli kepada teman dekatnya. Dan alasan paling mendasar mereka membeli produk parfum karena alasan  harga mahal dan kualitas bagus.

Diposkan oleh : Heni lusiawati, 131005079

Tidak ada komentar:

Posting Komentar