Selasa, 17 Maret 2015

Riset pasar : Perilaku Konsumen dalam Membeli Merk Kartu Perdana HP



Riset pasar : Perilaku Konsumen dalam Membeli Merk  Kartu Perdana HP

I.                   Introduksi

Perkembangan teknologi memberi dampak yang meyeluruh dalam kehidupan manusia. Salah satu hal yang berkembang pesat yaitu dalam bidan komunikasi. Banyak alat yang dapat membantu manusia untuk berkomunikasi dan saling terhubung, salah satu alat tersebut adalah ponsel yang mengguakan kartu perdana (Mulyadi, Kosasih dan Saputri, 995 )

Kartu perdana adalah kartu yang digunakan dalam ponsel setiap orang. Setiap merk kartu perdana mempunyai dan menawarkan variansi layanan dan keunggulan masing-masing untuk mempertahankan eksistensinya dalam dunia pemasaran.
Selanjutnya menurut Ratri (dalam Hidayat, www.detik.com dalam  http://www.ponselmania.com/news.php?cod=73), operator seluler di Indonesia saat ini menggunakan dua sistem teknologi komunikasi yaitu GSM (Global Service for Mobile Comunication) dan CDMA (Code Division Multiple Access.). Kelompok memilih untuk meneliti penggunaan kartu perdana yang menggunakan sistem GSM, antara lain Telkomsel, Indosat, XL, dan 3. Kami berasumsi bahwa kartu tersebut merupakan kartu perdana yang paling banyak digunakan oleh konsumen, maka dalam penelitian kali ini peneliti akan mencoba mencari jawaban tentang perilaku konsumen dalam membeli merk kartu perdana dalam hpnya.

II.                Tujuan
Mengetahui merk yang paling diminati oleh konsumen sesuai umur dan pekerjaannya (identitas sosial).
Mengetahui alasan terpenting yang mendasari individu membeli merk perdana tersebut.

III.             Metodologi Riset
a.       Teknik Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada penelitian ini adalah para warga yang ada di daerah desa Catur tunggal, kecamatan Depok. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling dengan mengambil sampel 60 responden.
b.      Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk mengumpulkan data mengingat sampel yang dipilih adalah para warga yang ada di daerah desa Catur tunggal, kecamatan Depok. yang sangat banyak jumlah warganya.
c.       Tempat dan Waktu Riset
Riset dilakukan di sekitar desa Catur tunggal, kecamatan Depok Yogyakarta. Waktu riset pada tanggal 13 Maret 2015.

IV.             Hasil Riset






Keterangan gambar 1: Dari 60  responden yang menjadi narasumber, dengan pertanyaan merk perdana hp yang digunakan? diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu 35,00% memilih jawaban xl  yang digunakan  dan 33,33% memilih jawaban telkomsel yang diguakan, selanjutnya disusul oleh kartu perdana indosat sebesar 23,33% dan terakhir yang paling sedikit adalah kartu 3 dengan persentase 8,33%.



Keteragan gambar 2: Dari 60  responden yang menjadi narasumber, dengan pertanyaan alasan yang mendasari membeli perdana? diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu 60,00% memilih jawaban harga perdana  murah dan kualitas sedang dan 40,00% memilih jawaban harga perdana mahal dan kualitas bagus.




Keterangan gambar 3 : Dari 60  responden yang menjadi narasumber, dengan pertanyaan membeli kartu perdana diajak oleh teman? diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu 85,00% memilih jawaban iya dan 15,00% memilih jawaban tidak yang paling sedikit. 







Keterangan gambar 4 : Dari 60  responden yang menjadi narasumber, dengan pertanyaan alasan membeli kartu perdana karena iklan yang menarik? diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu 80,00% memilih jawaban tidak dan 20,00% memilih jawaban ya.





Keterangan gambar 5 : Dari 60  responden yang menjadi narasumber, dengan pertanyaan membeli kartu perdana karena nomor favorit ? diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu 60,00% memilih jawaban tidak dan 40,00% memilih jawaban ya.





Keterangan gambar 6 : peneliti ingin melihat hubungan antara merk kartu perdana yang dipilih dengan pekerjaan responden. Dari 60 responden yang paling banyak yaitu merk telkomsel digunakan oleh mahasiswa dengan jumlah 14 responden.



Keterangan gambar 7 : peneliti ingin melihat hubungan antara umur dengan merek kartu perdana. Dari 60 responden, yang memilih perdana Telkomsel paling banyak berumur 22 sampai 24 tahun yaitu sebanyak 9 responden. Selanjutnya yaitu pengguna kartu perdana XL paling banyak berumur ≥25 tahun, yaitu sebanyak 13 responden. Kemudian pengguna kartu perdana Indosat paling banyak berumur 19 sampi 21tahun dengan jumlah 6 responden. Terakhir pengguna kartu perdana 3 paling banyak berumur 19 sampai 21 dan umur 22 sampai 24 tahun, masing-masing sebanyak 2 responden.


Keterangan gambar 8 : peneliti ingin melihat hubungan antara alasan yang mendasari untuk membeli kartu perdana dengan merek kartu perdana. Dari 60 responden, hasil olah data yang didapat adalah yang memilih kartu Telkomsel memiliki alasan harga mahal kualitas bagus dengan jumlah responden 18, selanjutnya untuk kartu perdana Indosat memiliki alasan harga murah dan kualitas sedang dengan jumlah responden 12. Untuk kartu XL memiliki alasan harga murah dan kualitas sedang dengan jumlah responden 17. Terakhir untuk yang memilih kartu 3 memilih alasan harga murah dan kualitas sedang dengan besar responden 5.

Kesimpulan :
Menurut identitas sosial berdasarkan umur responden, jumlah paling banyak ada pada pengguna kartu perdana XL yang berumur ≥25 tahun, yaitu sebanyak 13 responden. Kemudian berdasarkan jenis pekerjaan, jumlah responden terbanyak ada pada jenis pekerjaan pelajar atau mahasiswa berjumlah 14. Mereka memilih menggunakan Telkomsel
.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar