Riset
pasar : Perilaku Konsumen dalam Membeli Merk
Kartu Perdana HP
I.
Introduksi
Perkembangan teknologi memberi dampak
yang meyeluruh dalam kehidupan manusia. Salah satu hal yang berkembang pesat
yaitu dalam bidan komunikasi. Banyak alat yang dapat membantu manusia untuk
berkomunikasi dan saling terhubung, salah satu alat tersebut adalah ponsel yang
mengguakan kartu perdana (Mulyadi, Kosasih dan Saputri, 995 )
Kartu perdana adalah kartu yang
digunakan dalam ponsel setiap orang. Setiap merk kartu perdana mempunyai dan
menawarkan variansi layanan dan keunggulan masing-masing untuk mempertahankan
eksistensinya dalam dunia pemasaran.
Selanjutnya menurut Ratri (dalam Hidayat, www.detik.com
dalam http://www.ponselmania.com/news.php?cod=73),
operator
seluler di Indonesia saat ini menggunakan dua sistem teknologi komunikasi yaitu
GSM (Global Service for Mobile Comunication) dan CDMA (Code Division Multiple
Access.). Kelompok memilih untuk meneliti penggunaan kartu perdana yang
menggunakan sistem GSM, antara lain Telkomsel, Indosat, XL, dan 3. Kami
berasumsi bahwa kartu tersebut merupakan kartu perdana yang paling banyak
digunakan oleh konsumen, maka dalam penelitian kali ini peneliti
akan mencoba mencari jawaban tentang perilaku konsumen dalam membeli merk kartu
perdana dalam hpnya.
II.
Tujuan
Mengetahui merk yang paling diminati
oleh konsumen sesuai umur dan pekerjaannya (identitas sosial).
Mengetahui alasan terpenting yang
mendasari individu membeli merk perdana tersebut.
III.
Metodologi Riset
a. Teknik
Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada
penelitian ini adalah para warga yang ada di daerah desa Catur tunggal,
kecamatan Depok. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling dengan mengambil sampel
60 responden.
b. Teknik
Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih
peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk
mengumpulkan data mengingat sampel yang dipilih adalah para warga yang ada di
daerah desa Catur tunggal, kecamatan Depok. yang sangat banyak jumlah warganya.
c. Tempat
dan Waktu Riset
Riset dilakukan di sekitar desa Catur
tunggal, kecamatan Depok Yogyakarta. Waktu riset pada tanggal 13 Maret 2015.
IV.
Hasil Riset
Keterangan gambar 1: Dari 60 responden yang menjadi narasumber, dengan
pertanyaan merk perdana hp yang digunakan?
diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu 35,00% memilih
jawaban xl yang digunakan dan 33,33% memilih jawaban telkomsel yang
diguakan, selanjutnya disusul oleh kartu perdana indosat sebesar 23,33% dan
terakhir yang paling sedikit adalah kartu 3 dengan persentase 8,33%.
Keteragan gambar 2: Dari 60 responden yang menjadi narasumber, dengan
pertanyaan alasan yang mendasari membeli
perdana? diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu 60,00%
memilih jawaban harga perdana murah dan
kualitas sedang dan 40,00% memilih jawaban harga perdana mahal dan kualitas
bagus.
Keterangan gambar 3 : Dari 60 responden yang menjadi narasumber, dengan
pertanyaan membeli kartu perdana diajak
oleh teman? diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu
85,00% memilih jawaban iya dan 15,00% memilih jawaban tidak yang paling
sedikit.
Keterangan gambar 4 : Dari 60 responden yang menjadi narasumber, dengan
pertanyaan alasan membeli kartu perdana
karena iklan yang menarik? diperoleh data mengenai persentase yang paling
besar yaitu 80,00% memilih jawaban tidak dan 20,00% memilih jawaban ya.
Keterangan gambar 5 : Dari
60 responden yang menjadi narasumber,
dengan pertanyaan membeli kartu perdana
karena nomor favorit ? diperoleh data mengenai persentase yang paling besar
yaitu 60,00% memilih jawaban tidak dan 40,00% memilih jawaban ya.
Keterangan gambar 6 :
peneliti ingin melihat hubungan antara merk kartu perdana yang dipilih dengan
pekerjaan responden. Dari 60 responden yang paling banyak yaitu merk telkomsel
digunakan oleh mahasiswa dengan jumlah 14 responden.
Keterangan gambar 7 :
peneliti ingin melihat hubungan antara umur dengan merek kartu perdana. Dari 60
responden, yang memilih perdana Telkomsel paling banyak berumur 22 sampai 24
tahun yaitu sebanyak 9 responden. Selanjutnya yaitu pengguna kartu perdana XL
paling banyak berumur ≥25 tahun, yaitu sebanyak 13 responden. Kemudian pengguna
kartu perdana Indosat paling banyak berumur 19 sampi 21tahun dengan jumlah 6
responden. Terakhir pengguna kartu perdana 3 paling banyak berumur 19 sampai 21
dan umur 22 sampai 24 tahun, masing-masing sebanyak 2 responden.
Keterangan gambar 8 :
peneliti ingin melihat hubungan antara alasan yang mendasari untuk membeli kartu
perdana dengan merek kartu perdana. Dari 60 responden, hasil olah data yang
didapat adalah yang memilih kartu Telkomsel memiliki alasan harga mahal
kualitas bagus dengan jumlah responden 18, selanjutnya untuk kartu perdana
Indosat memiliki alasan harga murah dan kualitas sedang dengan jumlah responden
12. Untuk kartu XL memiliki alasan harga murah dan kualitas sedang dengan
jumlah responden 17. Terakhir untuk yang memilih kartu 3 memilih alasan harga
murah dan kualitas sedang dengan besar responden 5.
Kesimpulan :
Menurut identitas
sosial berdasarkan umur responden, jumlah paling banyak ada pada pengguna kartu
perdana XL yang berumur ≥25 tahun, yaitu sebanyak 13 responden. Kemudian
berdasarkan jenis pekerjaan, jumlah responden terbanyak ada pada jenis
pekerjaan pelajar atau mahasiswa berjumlah 14. Mereka memilih menggunakan
Telkomsel
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar