Riset
Pasar : Alasan Konsumen dalam Memilih
Produk Parfum Baju
I.
Introduksi
Parfum baju menjadi kebutuhan terpenting
dalam kehidupan manusia untuk mempertahankan eksistensinya. Eksistensi individu
menurut tokoh terjadi tergantung pada kemampuan dalam mengaktualisasikan
potensi-potensinya (Abidin Zaenal (2007:16). Khususnya bagi para anak muda yang
ingin mengaktualisasikan diri dan selalu menginginkan penilaian yang bagus dari
teman sebayanya. Mereka rela membeli parfum baju dengan harga yang sangat fantastis
dan yang terpenting parfum yang digunakan tersebut sesuai dengan parfum
favoritnya.
Dengan adanya fenomena tersebut
penelitian ini akan mencoba mencari jawaban tentang alasan yang paling penting
bagi para anak muda tentang produk parfum yang mereka beli dan mereka gunakan
setiap harinya dalam menunjang penampilannya.
II.
Tujuan
Tujuan penelitian yang dilakukan ini
ingin mengetahui alasan terpenting bagi anak muda dalam membeli parfum baju.
Sehingga penelitian ini juga dapat digunakan sebagai refensi dan acuan bagi
para penjual parfum bahkan perusahaan parfum untuk mengetahui posisi produknya
dalam pasar.
III.
Metodologi
a. Teknik
Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada
penelitian ini adalah para mahasiswa Fakultas Ekonomi UAJY. Teknik pengambilan sampel
yang peneliti gunakan adalah random
sampling dengan 30 responden sebagai sampel.
b. Teknik
Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih
peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk
mengumpulkan data mengingat sampel yang dipilih adalah mahasiswa Fakultas
Ekonomi UAJY yang sangat banyak jumlah mahasisanya.
c. Tempat
dan Waktu Riset
Riset dilakukan di daerah kampus 3
Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Waktu riset pada tanggal 14 Maret 2015.
IV.
Hasil Riset
Keterangan gambar 1 : tentang pertanyaan
merk parfum baju yang dibeli, dan
hasilnya dari 30 responden menjawab 46,67% memilih merk parfum Belagio,
selanjutnya 33,33% merk Cassablanka, dan terakhir merk Pucelle 20,00%.
Keterangan gambar 2 : tentang pertanyaan
Apakah ketika akan membeli parfum baju,
anda bertanya sama teman dekat anda tentang parfum tersebut dan jawaban
dari responden 56,67% tidak bertanya dengan temannya dan 43,33% mereka bertanya
sama teman dekatnya.
Keterangan gambar 3 : pertanyaan tentang
Apa yang menjadi alasan paling penting
ketika membeli parfum tersebut. Jawaban responden 53,33% memilih jawaban
harga mahal dan kualitas bagus, selanjutnya 30,00% memilih jawaban murah dan
yang terpenting sudah harum wanginya, kemudian 16,67% menjawab harga murah dan
kualitas sedang.
Keterangan gambar 4 : untuk pertanyaan Berapa kisaran harga parfum yang anda beli?
Responden menjawab 56,67% memilih jawaban < 50.000, selanjutnya 26,67%
memilih jawaban > 50.000 sampai 100.000. Yang terakhir 16,67% memilih
jawaban >100.000.
KESIMPULAN
Dari data yang telah dipaparkan diatas parfum yang banyak dibeli
oleh para anak muda adalah parfum merk Belagio. Ketika membeli produk parfum
mereka tidak bertanya terlebih dahulu tentang produk yang akan dibeli kepada
teman dekatnya. Dan alasan paling mendasar mereka membeli produk parfum karena
alasan harga mahal dan kualitas bagus.
Diposkan oleh : Heni lusiawati, 131005079