Jumat, 29 Mei 2015

RISET PASAR : PELAYANAN TOKO FOTO KOPI


INTRODUKSI
Toko foto kopi merupakan salah satu bisnis yang keuntungannya lumayan besar dan mudah untuk dijalankan, apalagi jika toko foto kopi tersebut didirikan di daerah yang sangat strategis yaitu dekat dengan kampus ataupun sekolah-sekolah. Toko foto kopi menjadi salah satu tempat yang sangat dibutuhkan masyarakat khususnya mahasiswa untuk membantu mempermudah tugas ataupun keperluan data yang dibutuhkan mereka.
Berkembangnya bisnis foto kopi ini harus diimbangi dengan fasilitas dan pelayannya yang ditawarkan juga berkualitas, jika fasilitas yang ditawarkan tidak memuaskan bagi pengguna (konsumen) maka dampaknya bagi pemilik toko adalah sebuah kerugian dan akan menghilangkan tingkat kepercayaan dari pengguna agen jasa dari foto kopi tersebut (Freddy Rangkuti, 2002: 17).
Dari penjelasan fenomena diatas maka peneliti hanya ingin mengambil dan melakukan  fokus penelitiannya yaitu ingin membuktikan persepsi masyarakat khususnya para mahasiswa tentang pelayanan toko foto kopi yang mereka gunakan selama menjalani studinya sampai saat ini.
TUJUAN DAN MANFAAT RISET
Riset ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tentang pelayanan yang diberikan oleh toko foto kopi untuk para konsumen (pelanggannya). Serta riset ini juga memberikan manfaat bagi para pemilik toko foto kopi karena hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan bisnis usahanya melalui pelayanan yang mereka kembangkan dan mereka optimalkan.
METODE RISET
Ø  Teknik Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada penelitian ini adalah para mahasiswa UAJY yang pernah menggunakan jasa foto kopi. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling dengan 30 responden sebagai sampel.
Ø  Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk mengumpulkan data mengingat sampel yang dipilih adalah mahasiswa UAJY yang sangat banyak jumlah mahasiswanya.
Ø  Tempat dan Waktu Riset
Riset dilakukan di daerah kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Waktu riset pada tanggal 26 Mei 2015.

HASIL OLAH DATA


Keterangan gambar  1 : dari 30 responden peneliti memberi item pertanyaan yaitu apa alasan yang paling mendasari memilih foto kopi ditempat yang mereka gunakan jasanya? Dan jawaban mereka menunjukkan bahwa presentase yang paling sedikit dengan 6,67% menjawab karena harga mahal dan hasilnya maksimal sesuai keinginan. Sedangkan presentase yang paling tinggi menjawab harganya murah dan terjangkau dengan presentase 56,67%.



Keterangan gambar 2  : dari 30 responden peneliti memberi item pertanyaan yaitu bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pemilik foto kopi. Dan jawaban responden menunjukkan bahwa presentase paling sedikit 26,67% menunjukkan jawaban pelayanannya sedang, kemudian presentase yang paling tinggi dan keduanya sama adalah  jawaban kurang memuaskan, karena sangat lama pelayanannya dan alasan Sangat bagus pelayanannya karena cepat dengan presentase sama 36,67%.




Keterangan gambar 3 : dari 30 responden peneliti memberi item pertanyaan yaitu apakah anda pergi ke tempat foto kopi karena ajakan teman kuliah. Dan jawaban mereka menunjukkan presentase yang paling rendah adalah jawaban iya mereka diajak oleh temannya dengan presentase 40%. Sedangkan 60% menjawab mereka tidak diajak oleh temannya.



Keterangan gambar 4 : dari 30 responden peneliti memberi item pertanyaan yaitu Apa yang paling anda harapkan dari pelayanan yang diberikan tempat foto kopi.........mohon sertakan alasannya. Jwaban responden menunjukkan presentase yang paling rendah adalah jawaban pelayanan yang ramah dari penjuan, Sedangkan presentase yang paling tinggi adalah jawaban harganya lebih murah lagi dengan presentase 46,67%.
KESIMPULAN
Dari hasil olah data yang telah dijelaskan bahwa yang diinginkan oleh para pengguna (konsumen) toko foto kopi adalah toko foto kopi memberikan harga yang relatif murah dan sesuai standar.  Pelayanan yang diberikan harus lebih baik, lebih cepat dan lebih ramah.
REKOMENDASI
Toko foto kopi memberikan harga yang relatif murah dan sesuai standar dan pelayanan yang diberikan harus lebih baik, lebih cepat dan lebih ramah.
REFERENSI
Buchari, Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Oleh : Heni lusiawati (131005079)

Artikel Riset Pasar Strategi Pemasaran Produk Perusahaan


Artikel Riset Pasar
Strategi Pemasaran Produk Perusahaan

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk memepertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan perkembangan usahanya dan mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan tergantung pada kemampuan dan kehalian di bidang pemasaran. Dalam pencapaian tujuan perlu adanya strategi pemasaran yaitu suatu rencana yang dimiliki oleh suatu perusahaan sebagai pedoman bagi kegiatan-kegiatan pemasaran guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan (Basu Swasta & Irawan, 1990).
Dalam memulai menjalankan suatu usaha perlu adanya rencana strategi pemasaran pendahuluan untuk memperkenalkan produk baru itu ke pasar. Rencana tersebut terdiri dari tiga bagian pertama pemosisian produk, pangsa pasar. Bagian kedua tentang strategi distribusi dan anggaran . Bagian ketiga melakukan strategi bauran pemasaran yaitu strategi tentang harga, distribusi, produk, promosi yang akan dijalankan oleh sebuah perusahaan (Fandy Tjiptono, 2008).
Strategi pemasaran merupakan pernyataan (baik secara implisit maupun eksplisit) mengenai bagaimana suatu merek atau lini produk mencapai tujuannya Bennett dalam Fandy Tjiptono ( 2008). Sementara itu Tull dan Kahle dalam Fandy Tjiptono (2008) mendifinisikan strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang diguakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.
Pada dasarnya strategi pemasaran memberikan arah dalam kaitannya dengan variabel-variabel seperti segmentasi pasar, identifikasi pasar sasaran, positioning elemen bauran pemasaran, dan biaya bauran pemasaran. Strategi pemasaran merupakan bagian integral dari strategi bisnis yang memberikan arah pada semua fungsi manajemen suatu organisasi.
Pemasaran sebuah produk sangat penting dilakukan secara terus-menerus demi menjaga eksistensi penerimaan produk di dalam masyarakat. Dengan adanya pemasaran inilah masyarakat akan selalu tahu dan akan memutuskan mau sertaingin untuk membeli produk tersebut. Dengan inilah perusahaan akan mendapatkan keuntungan dengan sendirinya.
Oleh : Heni lusiawati (131005079)