Laporan Penelitian Riset Pasar :
Analisis Perilaku Konsumen ketika Memilih Merk Sepeda Motor
oleh : Heni lusiawati (131005079)
I.
INTRODUKSI
perilaku
konsumen merupakan tindakan-tindakan yang dilakukan individu maupun kelompok
yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan untuk memperoleh dan
menggunakan suatu produk yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor (Loudon,
1990). Sepeda motor saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat
penting dalam kehidupan. Hampir semua kalangan mempunyai sepeda motor untuk
mempermudah kegiatan sehari-hari mereka. Dengan fenomena ini peneliti ingin
melakukan penelitiannya yaitu tentang perilaku konsumen ketika mereka memilih
merk sepeda motor yang mereka beli, peneliti ingin mencoba mencari alasan yang
mendasari konsumen ketika memilih dan sekaligus membeli merk sepeda motor
mereka.
II.
Tujuan
dan Manfaat Penelitian
a.
Tujuan dari penelitian yang dilakukan
ini adalah mengetahui tentang perilaku konsumen ketika memilih untuk membeli
merk sepeda motor.
b.
Manfaat dari penelitian yang akan
dilakukan ini hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi produsen
agar mengetahui siapa sebagai subjek konsumen yang mereka miliki dalam dunia
pasar.
III.
KERANGKA
TEORI
Perilaku
Konsumen
Perilaku
konsumen didefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan kegiatan
individu yang terlibat dalam pemilihan, evaluasi, perolehan, penggunaan dan
mendpatkan barang dan jasa Loudon & Della Bitta). Dengan memahami motivasi
konsumen ini maka pemasar akan dapat menyusun rangsangan pemasaran secara lebih
baik. Perilaku yang bermotivasi diawali dengan pengenalan kebutuhan (Engel,
Backwell, Miniard, 1993). Kebutuhan yang dirasakan akan membangkitkan untuk
berperilaku yang diperkirakan memiliki kemungkinan terbesar untuk memenuhi
kebutuhan tertentu (Bayton, 1982). Kebutuhan yang dirasakan akan diekspresikan
dalam perilaku pembelian dan konsumsi (Engel, Blackwell, Miniard, 1993). Jadi
dengan kata lain setiap perilaku / kegiatan seseorang diarahkan untuk memenuhi
tujuan tertentu dalam memperoleh kepuasan sedangkan motivasi yang memberi
tenaga, menggerakkan, mendorong agar seseorang berperilaku. Sehingga perilaku
yang dimunculkan oleh konsumen adalah merupakan perwujudan dari adanya motivasi
dari dalam diri konsumen tersebut. Perilaku yang dapat diamati oleh pemasar adalah
seperangkat dari keputusan pemilihan suatu produk yang dibeli untuk pemenuhan
atas kebutuhan.
IV.
METODE
PENELITIAN
·
Jenis Penelitian
Jenis
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif survei. Melalui penelitian survei
lebih memudahkan peneliti memperoleh data untuk mencari pendapat dari responden
sendiri.
·
Teknik pengumpulan data
Teknik
pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu menyebarkan kuesioner. Peneliti
menggunakan kuesioner untuk memudahkan mendapatkan data sesuai dengan tujuan
penelitiannya sendiri.
·
Analisa data
Analisa
data menggunakan deskriptif kuantitatif (Idrus, 2009 : 169). Analisa data
penelitian juga dibantu dengan menggunakan SPPS untuk memudahkan peneliti dalam
mengolah data yang telah didapat.
·
Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan didaerah desa
Wotsogo Jatirogo Tuban, sedangkan waktu penelitian dilakukan pada tanggal 4
April 2015.
V.
Hasil
Olah Data
Pengeluaran
perbulan * Apakah anda membeli Sepeda Motor tersebut karena diajak oleh
keluarga anda Crosstabulation
|
||||
Count
|
||||
Apakah
anda membeli Sepeda Motor tersebut karena diajak oleh keluarga anda
|
Total
|
|||
IYA
|
TIDAK
|
|||
Pengeluaran
perbulan
|
Dibawah 1.000.000
|
10
|
0
|
10
|
Antara
1.000.000-2.000.000
|
7
|
6
|
13
|
|
Antara
2.000.000-3.000.000
|
3
|
4
|
7
|
|
Total
|
20
|
10
|
30
|
Keterangan Gambar 1 : dari hasil
uji Crosstab yang menghubungkan tentang pertanyaan pengeluaran perbulan dengan pertanyaan
apakah anda membeli sepeda motor tersebut karena
diajak oleh keluarga anda. Hasilnya menunjukkan bahwa pengeluaran yang dibawah
1.000.000 menjawab iya diajak oleh keluarga. Selanjutnya pengeluran yang paling
tinggi antara 2.000.000 sampai 3.000.000 menjawab tidak dipengaruhi oleh
keluarga ketika membeli sepeda motor.
Pekerjaan
* Apa merk Sepeda Motor yang anda beli Crosstabulation
|
||||||
Apa merk Sepeda Motor yang anda beli
|
Total
|
|||||
BEAT
|
SUPRA
|
MIO
|
||||
Pekerjaan
|
PNS
|
Count
|
1
|
5
|
3
|
9
|
% of Total
|
3,3%
|
16,7%
|
10,0%
|
30,0%
|
||
SWASTA
|
Count
|
3
|
1
|
4
|
8
|
|
% of Total
|
10,0%
|
3,3%
|
13,3%
|
26,7%
|
||
WIRASWASTA
|
Count
|
6
|
1
|
1
|
8
|
|
% of Total
|
20,0%
|
3,3%
|
3,3%
|
26,7%
|
||
IBU RT
|
Count
|
2
|
2
|
1
|
5
|
|
% of Total
|
6,7%
|
6,7%
|
3,3%
|
16,7%
|
||
Total
|
Count
|
12
|
9
|
9
|
30
|
|
% of Total
|
40,0%
|
30,0%
|
30,0%
|
100,0%
|
Keterangan Gambar 2 : hasil crosstab
dari jenis pekerjaan dan merk sepeda motor yang dibeli menunjukkan bahwa PNS
memilih jawaban terbanyak yaitu motor supra yang dibeli, pekerja swasta banyak memilih
motor Mio, pekerja Wiraswasta memilih jawaban motor Beat yang dibeli, dan Ibu
rumah tangga memilih jawaban antara motor Beat dan Supra.
Keterangan Gambar 3 : peneliti
memberikan pertanyaan kepada 30 responden tentang apakah anda membeli sepeda motor
diajak keluarga? Jawabannya menunjukkan bahwa 66,67% menjawab iya dan sisanya
33,33% menjawab tidak.
KESIMPULAN
Dari
hasil olah data yang telah dijelaskan menunjukkan bahwa responden ketika
membeli produk sepeda motor diajak oleh keluarganya. Selain itu dalam olah data
tersebut juga menunjukkan bahwa responden membeli sepeda motor disesuaikan
dengan jenis pekerjaannya. Seperti PNS lebih memilih motor Supra yang dibeli.