Kamis, 14 Mei 2015

Laporan Penelitian Riset Pasar : Analisis Perilaku Konsumen ketika Memilih Merk Sepeda Motor


Laporan Penelitian Riset Pasar : Analisis Perilaku Konsumen ketika Memilih Merk Sepeda Motor
oleh : Heni lusiawati (131005079)
I.                   INTRODUKSI
perilaku konsumen merupakan tindakan-tindakan yang dilakukan individu maupun kelompok yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan untuk memperoleh dan menggunakan suatu produk yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor (Loudon, 1990). Sepeda motor saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan. Hampir semua kalangan mempunyai sepeda motor untuk mempermudah kegiatan sehari-hari mereka. Dengan fenomena ini peneliti ingin melakukan penelitiannya yaitu tentang perilaku konsumen ketika mereka memilih merk sepeda motor yang mereka beli, peneliti ingin mencoba mencari alasan yang mendasari konsumen ketika memilih dan sekaligus membeli merk sepeda motor mereka.
II.                Tujuan dan Manfaat Penelitian
a.       Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah mengetahui tentang perilaku konsumen ketika memilih untuk membeli merk sepeda motor.
b.      Manfaat dari penelitian yang akan dilakukan ini hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi produsen agar mengetahui siapa sebagai subjek konsumen yang mereka miliki dalam dunia pasar.
III.             KERANGKA TEORI
Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen didefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan kegiatan individu yang terlibat dalam pemilihan, evaluasi, perolehan, penggunaan dan mendpatkan barang dan jasa Loudon & Della Bitta). Dengan memahami motivasi konsumen ini maka pemasar akan dapat menyusun rangsangan pemasaran secara lebih baik. Perilaku yang bermotivasi diawali dengan pengenalan kebutuhan (Engel, Backwell, Miniard, 1993). Kebutuhan yang dirasakan akan membangkitkan untuk berperilaku yang diperkirakan memiliki kemungkinan terbesar untuk memenuhi kebutuhan tertentu (Bayton, 1982). Kebutuhan yang dirasakan akan diekspresikan dalam perilaku pembelian dan konsumsi (Engel, Blackwell, Miniard, 1993). Jadi dengan kata lain setiap perilaku / kegiatan seseorang diarahkan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam memperoleh kepuasan sedangkan motivasi yang memberi tenaga, menggerakkan, mendorong agar seseorang berperilaku. Sehingga perilaku yang dimunculkan oleh konsumen adalah merupakan perwujudan dari adanya motivasi dari dalam diri konsumen tersebut. Perilaku yang dapat diamati oleh pemasar adalah seperangkat dari keputusan pemilihan suatu produk yang dibeli untuk pemenuhan atas kebutuhan.
IV.             METODE PENELITIAN
·         Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif survei. Melalui penelitian survei lebih memudahkan peneliti memperoleh data untuk mencari pendapat dari responden sendiri.
·         Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu menyebarkan kuesioner. Peneliti menggunakan kuesioner untuk memudahkan mendapatkan data sesuai dengan tujuan penelitiannya sendiri.
·         Analisa data
Analisa data menggunakan deskriptif kuantitatif (Idrus, 2009 : 169). Analisa data penelitian juga dibantu dengan menggunakan SPPS untuk memudahkan peneliti dalam mengolah data yang telah didapat.
·         Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan didaerah desa Wotsogo Jatirogo Tuban, sedangkan waktu penelitian dilakukan pada tanggal 4 April 2015.

V.                Hasil Olah Data
Pengeluaran perbulan * Apakah anda membeli Sepeda Motor tersebut karena diajak oleh keluarga anda Crosstabulation
Count

Apakah anda membeli Sepeda Motor tersebut karena diajak oleh keluarga anda
Total
IYA
TIDAK
Pengeluaran perbulan
Dibawah  1.000.000
10
0
10
Antara 1.000.000-2.000.000
7
6
13
Antara 2.000.000-3.000.000
3
4
7
Total
20
10
30
Keterangan Gambar 1 : dari hasil uji Crosstab yang menghubungkan tentang pertanyaan pengeluaran perbulan dengan pertanyaan apakah anda membeli sepeda motor tersebut karena diajak oleh keluarga anda. Hasilnya menunjukkan bahwa pengeluaran yang dibawah 1.000.000 menjawab iya diajak oleh keluarga. Selanjutnya pengeluran yang paling tinggi antara 2.000.000 sampai 3.000.000 menjawab tidak dipengaruhi oleh keluarga ketika membeli sepeda motor.

Pekerjaan * Apa merk Sepeda Motor yang anda beli Crosstabulation

Apa merk Sepeda Motor yang anda beli
Total
BEAT
SUPRA
MIO
Pekerjaan
PNS
Count
1
5
3
9
% of Total
3,3%
16,7%
10,0%
30,0%
SWASTA
Count
3
1
4
8
% of Total
10,0%
3,3%
13,3%
26,7%
WIRASWASTA
Count
6
1
1
8
% of Total
20,0%
3,3%
3,3%
26,7%
IBU RT
Count
2
2
1
5
% of Total
6,7%
6,7%
3,3%
16,7%
Total
Count
12
9
9
30
% of Total
40,0%
30,0%
30,0%
100,0%

Keterangan Gambar 2 : hasil crosstab dari jenis pekerjaan dan merk sepeda motor yang dibeli menunjukkan bahwa PNS memilih jawaban terbanyak yaitu motor supra yang dibeli, pekerja swasta banyak memilih motor Mio, pekerja Wiraswasta memilih jawaban motor Beat yang dibeli, dan Ibu rumah tangga memilih jawaban antara motor Beat dan Supra.

Keterangan Gambar 3 : peneliti memberikan pertanyaan kepada 30 responden tentang apakah anda membeli sepeda motor diajak keluarga? Jawabannya menunjukkan bahwa 66,67% menjawab iya dan sisanya 33,33% menjawab tidak.
KESIMPULAN
Dari hasil olah data yang telah dijelaskan menunjukkan bahwa responden ketika membeli produk sepeda motor diajak oleh keluarganya. Selain itu dalam olah data tersebut juga menunjukkan bahwa responden membeli sepeda motor disesuaikan dengan jenis pekerjaannya. Seperti PNS lebih memilih motor Supra yang dibeli.