Riset Pasar : Alasan Konsumen dalam Memilih Produk merek pasta gigi
I.
Introduksi
Pasta gigi banyak digunakan masyarakat sebagai kebutuhan
sehari-hari. Pasta gigi tidak hanya digunakan oleh orang dewasa tetapi
anak-anak juga. Pasta gigi dibuat dengan tujuan untuk membersihkan gigi-gigi
dari sisa-sisa makanan dan minuman, untuk menjaga permukaan gigi sebersih
mungkin serta secemerlang mungkin , menjaga gusi serta menghilangkan bau yang
disebabkan oleh aktivitas bakteri di dalam mulut.
Menurut
Andriyanto (2009) dalam Suprapti (2010:2) persaingan yang semakin ketat membuat
keberadaan merek menjadi sangat penting, mengingat merek bukan hanya sekedar
nama atau simbol tetapi juga satu pembeda suatu produk dari produk lainnya
sekaligus menegaskan persepsi kualitas dari produk tersebut. Merek juga
memudahkan konsumen menentukan pilihan dan membantu meyakinkan kualitas produk
yang dibelinya.
II.
Tujuan
Tujuan penelitian yang dilakukan ini ingin mengetahui alasan terpenting
bagi anak muda dalam membeli produk pasta gigi. Sehingga penelitian ini juga
dapat digunakan sebagai refensi dan acuan bagi para penjual pasta gigi bahkan
perusahaan pasta gigi untuk mengetahui
posisi produknya dalam pasar.
III.
Metodologi
a. Teknik Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada penelitian ini adalah para mahasiswa FISIP UAJY. Teknik pengambilan sampel yang
peneliti gunakan adalah random sampling dengan 40 responden
sebagai sampel.
b. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah dengan kuesioner,
kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk mengumpulkan data mengingat sampel
yang dipilih adalah mahasiswa di FISIP
UAJY yang sangat banyak jumlah mahasisanya.
c. Tempat dan Waktu Riset
Riset dilakukan di FISIP UAJY. Waktu riset pada tanggal 20 Maret 2015.
IV.
Hasil riset
Keterangan
gambar 1 : dari 40 responden yang menjadi narasumber dengan pertanyaan jenis
kelamin ? diperoleh data mengenai persentase yang seimbang yaitu 50%
memilih jawaban pria dan 50% memilih jawaban wanita.
Keterangan gambar 2 : Dari 40 responden dengan pertanyaan jurusan? Memperoleh
jawaban tertinggi yaitu 65,00%
menjawab komunikasi , dan persentasi terendah 35,00% menjawab sosiologi.
Keterangan gambar 3: dari 40 responden dengan pertanyaan merek pasta gigi apa yang paling sering anda
gunakan? Memperoleh persentase yang
tertinggi yaitu pepsodent sebesar 70,00%, selanjutnya diikuti oleh clode up dengan persentase
sebesar 20,00%, dan formula sebesar 7,50%, serta yang terakhir jawaban yang
terendah 2,50%.
Keterangan gambar 4 : dari 40 responden dengan pertanyaan apakah alasan yang mendorong anda untuk
mengunakan merek pasta gigi tersebut? memperoleh persentase yang tertinggi
77,50% dengan jawaban kualitasnya baik, selanjutnya diikuti oleh 12,50% dengan
jawaban harganya terjangkau, dan persentase jawaban yang paling rendah adalah 10,00% yaitu
promosi produk.
Keterangan gambar 5 : dari 40 responden dengan pertanyaan dimana biasanya anda membeli produk pasta
gigi yang anda konsumsi? memperoleh persentase yang tertinggi 92,50% dengan jawaban supermarket ( indomaret,
alfamart, mirota, dll) , selanjutnya diikuti oleh 5,00% dengan jawaban harganya
terjangktoko-tokoau, dan persentase jawaban yang paling rendah adalah 2,50% yaitu
warung.
Keterangan gambar 6: dari 40 responden yang menjadi narasumber dengan pertanyaan apakah iklan mempengaruhi anda untuk membeli produk pasta gigi tersebut ? diperoleh data mengenai persentase yang seimbang yaitu 50% memilih jawaban ya dan 50% memilih jawaban tidak.
Kesimpulan : dari analisis yang telah dijelaskan maka kita akan mengetahi
bahwa merek pasta yang sering digunakan adalah
pepsodent dengan persentase 70,00% serta
alasan yang mendorong anda untuk
mengunakan merek pasta gigi tersebut? memperoleh persentase yang tertinggi
77,50%, selanjutnya dimana biasanya anda
membeli produk pasta gigi yang anda konsumsi? memperoleh persentase yang
tertinggi 92,50%.
DIPOSKAN OLEH
: LISTIA DAMANIK (131005039)