Riset Pasar : Tingkat Pelayanan
Agen Travel di Daerah Babarsari
I.
Introduksi
Agen travel adalah sebuah agen perjalanan yang menyelenggarakan usahanya
sebagai perantara dalam menjual atau mengurus jasa untuk melakukan perjalanan
(Youti : 1997). Travel sebagai salah
satu alat transportasi yang menjadi favorit masyarakat untuk saat ini, karena
banyak fasilitas-fasilitas yang ditawarkan bagi para penggunanya.
Berangkat dari
fenomena tersebut peran yang dimiliki agen travel adalah sebagai perantara
perjalanan yang memberikan berbagai fasilitas terbaik bagi para penggunanya.
Dari peran ini para pebisnis agen travel juga akan mendapatkan dampak pada
berkembangnya bisnis mereka jika fasilitas yang ditawarkannya juga berkualitas.
Dan sebaliknya, jika fasilitas yang ditawarkan tidak memuaskan bagi pengguna
maka dampaknya bagi pebisnis adalah sebuah kerugian dan akan menghilangkan
tingkat kepercayaan dari pengguna agen travel (Freddy
Rangkuti, 2002: 17).
Dalam penelitian ini, peneliti hanya
ingin mengambil dan melakukan fokus
penelitiannya yaitu ingin membuktikan persepsi masyarakat tentang pelayanan
agen travel yang digunakan ketika mereka akan bepergian ke suatu tempat
II.
Tujuan
Penelitian
- Untuk mengetahui tentang peran bisnis dan pelayanan bisnis yang ditawarkan dari agen travel bagi masyarakat.
- Untuk membuktikan tentang persepsi dan penilaian masyarakat tentang agen travel
III.
Metodologi
a. Teknik
Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada
penelitian ini adalah para mahasiswa UAJY yang pernah menggunakan jasa travel
ketika bepergian. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling dengan 30 responden
sebagai sampel.
b. Teknik
Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih
peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk
mengumpulkan data mengingat sampel yang dipilih adalah mahasiswa UAJY yang
sangat banyak jumlah mahasisanya.
c. Tempat
dan Waktu Riset
Riset dilakukan di daerah kampus Universitas
Atma Jaya Yogyakarta. Waktu riset pada tanggal 22 Maret 2015.
IV.
Hasil
Riset
Keterangan
gambar 1 : Dari responden sebanyak 30 responden dengan
pertanyaan sudah berapa kali menggunakan
jasa travel dalam kurun waktu setahun terakhir? Presentasi yang didapat
dari jawaban mereka adalah 43,33% menjawab sedang, 30,00% menjawab sering dan
terakhir 26,67% menjawab baru sekali naik travel.
Keterangan
gambar 2 : Dari 30 responden dengan pertanyaan Layanan apa yang paling anda favoritkan
ketika naik travel? Hasil jawaban yang diperoleh adalah 36,67% menjawab travel
langsung mengantar sampai tempat tujuan, dengan persentase yang sama yaitu
36,67% juga menjawab fasilitas full (makan, tempat duduk nyaman, dll). Dan
untuk yang terakhir 26,67% menjawab para karyawan yang ramah dan sopan.
Keterangan
gambar 3 : Dari 30 responden dengan pertanyaan apa kendala yang sering dialami jika anda
menggunakan jasa travel? Persentase jawaban yang diperoleh adalah 30,00%
menjawab sopir ngebut dan kurang ramah, 26,67% menjawab tidak diantar sampai
tempat tujuan, 23,33% menjawab tidak tepat waktu ketika menjemput. Dan terakhir
20,00% menjawab mobil yang sempit, sehingga membuat panas dalam mobil.
Keterangan
gambar 4 : Dari responden 30 dengan pertanyaan apakah travel
yang anda gunakan memberi fasilitas yang memang sesuai standar? Hasil
persentase menunjukkan 40,00% iya,
sesuai standar. Selanjutnya 33,33% menjawab belum sesuai standar, dan terakhir 26,67%
menjawab kurang memenuhi standar.
Keterangan
gambar 5 : Dari 30 responden dengan pertanyaan apa alasan yang mendasari anda untuk
menggunakan jasa travel setiap bepergian? Hasil persentase yang diperoleh
adalah 63,33% harga terjangkau dan sesuai standar dan 36,67% menjawab Harga
murah dan yang terpenting mengantar sampai tujuan.
Kesimpulan
: Dari analisis data yang telah dijelaskan, maka kita akan mengetahui bahwa
fasilitas yang sering difavoritkan para pengguna jasa travel adalah Fasilitas
full dan travel langsung mengantar sampai tempat tujuan dengan persentase yang
sama yaitu 36,67% dan kendala yang sering dialami adalah sopir yang ngebut
dalam mengendarai mobil dengan persentase 30,00%.
Rekomendasi
:
sebagai data referensi bagi pihak penyedia jasa travel untuk selalu meningkatkan
dan memperbaiki kualitas pelayanannya.
Diposkan
oleh : Heni lusiawati (131005079)