Senin, 23 Maret 2015

Riset Pasar : Tingkat Pelayanan Agen Travel di Daerah Babarsari



Riset Pasar : Tingkat Pelayanan Agen Travel di Daerah Babarsari

I.                   Introduksi
Agen travel adalah sebuah agen perjalanan yang menyelenggarakan usahanya sebagai perantara dalam menjual atau mengurus jasa untuk melakukan perjalanan (Youti : 1997).  Travel sebagai salah satu alat transportasi yang menjadi favorit masyarakat untuk saat ini, karena banyak fasilitas-fasilitas yang ditawarkan bagi para penggunanya.
Berangkat dari fenomena tersebut peran yang dimiliki agen travel adalah sebagai perantara perjalanan yang memberikan berbagai fasilitas terbaik bagi para penggunanya. Dari peran ini para pebisnis agen travel juga akan mendapatkan dampak pada berkembangnya bisnis mereka jika fasilitas yang ditawarkannya juga berkualitas. Dan sebaliknya, jika fasilitas yang ditawarkan tidak memuaskan bagi pengguna maka dampaknya bagi pebisnis adalah sebuah kerugian dan akan menghilangkan tingkat kepercayaan dari pengguna agen travel (Freddy Rangkuti, 2002: 17).
Dalam penelitian ini, peneliti hanya ingin mengambil dan melakukan  fokus penelitiannya yaitu ingin membuktikan persepsi masyarakat tentang pelayanan agen travel yang digunakan ketika mereka akan bepergian ke suatu tempat
II.                Tujuan Penelitian

  •  Untuk mengetahui tentang peran bisnis dan pelayanan bisnis yang ditawarkan dari agen travel bagi masyarakat.
  • Untuk membuktikan tentang persepsi dan penilaian masyarakat tentang agen travel
III.             Metodologi
a.       Teknik Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada penelitian ini adalah para mahasiswa UAJY yang pernah menggunakan jasa travel ketika bepergian. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling dengan 30 responden sebagai sampel.
b.      Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk mengumpulkan data mengingat sampel yang dipilih adalah mahasiswa UAJY yang sangat banyak jumlah mahasisanya.
c.       Tempat dan Waktu Riset
Riset dilakukan di daerah kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Waktu riset pada tanggal 22 Maret 2015.
IV.             Hasil Riset
Keterangan gambar 1 : Dari responden sebanyak 30 responden dengan pertanyaan sudah berapa kali menggunakan jasa travel dalam kurun waktu setahun terakhir? Presentasi yang didapat dari jawaban mereka adalah 43,33% menjawab sedang, 30,00% menjawab sering dan terakhir 26,67% menjawab baru sekali naik travel.

Keterangan gambar 2 : Dari 30 responden dengan pertanyaan Layanan apa yang paling anda favoritkan ketika naik travel? Hasil jawaban yang diperoleh adalah 36,67% menjawab travel langsung mengantar sampai tempat tujuan, dengan persentase yang sama yaitu 36,67% juga menjawab fasilitas full (makan, tempat duduk nyaman, dll). Dan untuk yang terakhir 26,67% menjawab para karyawan yang ramah dan sopan.


Keterangan gambar 3 : Dari 30 responden dengan pertanyaan apa kendala yang sering dialami jika anda menggunakan jasa travel? Persentase jawaban yang diperoleh adalah 30,00% menjawab sopir ngebut dan kurang ramah, 26,67% menjawab tidak diantar sampai tempat tujuan, 23,33% menjawab tidak tepat waktu ketika menjemput. Dan terakhir 20,00% menjawab mobil yang sempit, sehingga membuat panas dalam mobil.

Keterangan gambar 4 : Dari responden 30 dengan pertanyaan apakah travel yang anda gunakan memberi fasilitas yang memang sesuai standar? Hasil persentase menunjukkan 40,00%  iya, sesuai standar. Selanjutnya 33,33% menjawab belum sesuai standar, dan terakhir 26,67% menjawab kurang memenuhi standar.


Keterangan gambar 5 : Dari 30 responden dengan pertanyaan apa alasan yang mendasari anda untuk menggunakan jasa travel setiap bepergian? Hasil persentase yang diperoleh adalah 63,33% harga terjangkau dan sesuai standar dan 36,67% menjawab Harga murah dan yang terpenting mengantar sampai tujuan.

Kesimpulan : Dari analisis data yang telah dijelaskan, maka kita akan mengetahui bahwa fasilitas yang sering difavoritkan para pengguna jasa travel adalah Fasilitas full dan travel langsung mengantar sampai tempat tujuan dengan persentase yang sama yaitu 36,67% dan kendala yang sering dialami adalah sopir yang ngebut dalam mengendarai mobil dengan persentase 30,00%.
Rekomendasi : sebagai data referensi bagi pihak penyedia jasa travel untuk selalu meningkatkan dan memperbaiki kualitas pelayanannya.
Diposkan oleh : Heni lusiawati (131005079)