Selasa, 03 Maret 2015

Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Mie Instan


    
Introduksi
Konsumsi menurut Don Slater adalah bagaimana manusia dan aktor sosial dengan kebutuhan yang dimiliki berhubungan dengan sesuatu yang dapat memuaskan mereka (Don Slater, 1997). Berangkat dari pengertian tersebut peneliti ingin melihat tentang perilaku konsumen yaitu para mahasiswa sebagai anak kos dalam memilih produk mie instan yang mereka beli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.
Mie instan bagi para mahasiswa khususnya mereka yang hidup di kos merupakan  makanan yang simpel, mudah dikonsumsi dan menjadi makanan favorit bagi para anak kos dikesehariannya,  bahkan mereka rela tidak mengkonsumsi nasi seharian karena nasi menjadi kebutuhan kedua  dibandingkan mie instan yang mereka favoritkan.
  Tujuan
Tujuan riset pasar ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumen dalam memilih produk mie instan yang mereka favoritkan.
  Metodologi
a.       Teknik Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada penelitian ini adalah para mahasiswa FISIP UAJY yang menjadi anak kos. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling, karena baik dari responden  prodi sosiologi ataupun komunikasi kuantitas (bobot) jawaban mereka sama rata tidak dibedakan.
b.      Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk mengumpulkan data mengingat sampel yang dipilih adalah mahasiswa FISIP UAJY.
c.       Tempat dan Waktu Riset

Riset dilakukan di daerah kampus IV Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Waktu riset pada tanggal 1 Maret 2015.

        Hasil Riset

Keterangan P1: dari 30 responden yang menjadi narasumber terdiri dari 30% dari Prodi Komunikasi dan 70% dari Prodi Sosiologi.




Keterangan P2: dari 30 responden yang menjadi narasumber, dengan pertanyaan mie instan apa yang sering dikonsumsi? diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu 63,33% memilih jawaban mie sedap yang sering dikonsumsi dan 36,67% memilih jawaban mie indomie yang sering dikonsumsi





Keterangan P3 : dari 30 responden yang menjadi narasumber dengan pertanyaan Apa yang mendasari anda untuk memilih produk  mie instan tersebut? diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu 90% memilih jawaban rasa enak dan 10% memilih jawaban harga murah.


Keteranagan P4 : dari 30 responden yang menjadi narasumber dengan pertanyaan Apakah anda mengetahui kualitas mie instan yang anda pilih tersebut? diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu 70% memilih jawaban kurang tahu dan 30% memilih jawaban sangat tahu.

Keterangan P5 : dari 30 responden yang menjadi narasumber dengan pertanyaan Apakah kemasan yang menarik dalam  mie instan mempengaruhi anda untuk memilih produk mie instan tersebut? diperoleh data mengenai persentase yang seimbang yaitu 50% memilih jawaban kemasan berpengaruh dalam membeli produk mie instan dan 50% memilih jawaban kemasan tidak berpengaruh dalam membeli produk mie instan. 









Keterangan P6 : dari 30 responden yang menjadi narasumber dengan pertanyaan Apakah anda terpengaruh dengan iklan mie instan ketika memilih produk mie instan yang akan anda konsumsi?  diperoleh data mengenai persentase yang paling besar yaitu 53,33% memilih jawaban iklan mempengaruhi pembelian produk mie instan dan 46,67% memilih jawaban iklan tidak mempengaruhi pembelian produk mie instan.






Kesimpulan : dari data yang telah dijelaskan diatas perilaku konsumen dalam memilih produk mie instan yang sering dikonsumsi adalah mie indomie dengan presentase 63,33%. Alasan yang mendasari konsumen membeli produk mie instan yang paling dominan karena rasanya enak dengan presentase 90%. Selanjutnya responden kurang tahu mengenai kualitas mie instan yang mereka konsumsi dengan presentase 70% dan responden terpengaruh dengan kemasan yang menarik dengan presentase 50%. Dan terakhir iklan mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk mie instan dengan presentase 53,33%.


Referensi : Teori Konsumsi. Don Slater, 1997

Diposkan oleh : Heni lusiawati, 131005079

4 komentar:

  1. Bagus.. Lebih ditingkatkan lagi dan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas komentarnya,,semoga riset kami bermanfaat

      Hapus
  2. Penelitiannya bermanfaat, kedepannya lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimaksih atas sarannya,,,kepercayaan anda bagian dari nilai tambah bagi kita

      Hapus