INTRODUKSI
Toko foto kopi merupakan salah satu bisnis yang
keuntungannya lumayan besar dan mudah untuk dijalankan, apalagi jika toko foto
kopi tersebut didirikan di daerah yang sangat strategis yaitu dekat dengan
kampus ataupun sekolah-sekolah. Toko foto kopi menjadi salah satu tempat yang
sangat dibutuhkan masyarakat khususnya mahasiswa untuk membantu mempermudah
tugas ataupun keperluan data yang dibutuhkan mereka.
Berkembangnya bisnis foto kopi ini harus
diimbangi dengan fasilitas dan pelayannya yang ditawarkan juga berkualitas,
jika fasilitas yang ditawarkan tidak memuaskan bagi pengguna (konsumen) maka
dampaknya bagi pemilik toko adalah sebuah kerugian dan akan menghilangkan
tingkat kepercayaan dari pengguna agen jasa dari foto kopi tersebut (Freddy
Rangkuti, 2002: 17).
Dari penjelasan
fenomena diatas maka peneliti hanya ingin mengambil dan melakukan fokus penelitiannya yaitu ingin membuktikan
persepsi masyarakat khususnya para mahasiswa tentang pelayanan toko foto kopi
yang mereka gunakan selama menjalani studinya sampai saat ini.
TUJUAN
DAN MANFAAT RISET
Riset ini dilakukan
bertujuan untuk mengetahui tentang pelayanan yang diberikan oleh toko foto kopi
untuk para konsumen (pelanggannya). Serta riset ini juga memberikan manfaat
bagi para pemilik toko foto kopi karena hasil penelitian ini dapat digunakan
sebagai referensi untuk meningkatkan bisnis usahanya melalui pelayanan yang
mereka kembangkan dan mereka optimalkan.
METODE
RISET
Ø Teknik
Pengambilan Sampel
Sampel responden yang
dijadikan pada penelitian ini adalah para mahasiswa UAJY yang pernah
menggunakan jasa foto kopi. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan
adalah random sampling dengan 30
responden sebagai sampel.
Ø Teknik
Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner
dianggap memudahkan peneliti untuk mengumpulkan data mengingat sampel yang
dipilih adalah mahasiswa UAJY yang sangat banyak jumlah mahasiswanya.
Ø Tempat
dan Waktu Riset
Riset
dilakukan di daerah kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Waktu riset pada
tanggal 26 Mei 2015.
HASIL
OLAH DATA
Keterangan
gambar 1
: dari 30 responden peneliti memberi item pertanyaan yaitu apa alasan yang
paling mendasari memilih foto kopi ditempat yang mereka gunakan jasanya? Dan
jawaban mereka menunjukkan bahwa presentase yang paling sedikit dengan 6,67%
menjawab karena harga mahal dan hasilnya maksimal sesuai keinginan. Sedangkan
presentase yang paling tinggi menjawab harganya murah dan terjangkau dengan
presentase 56,67%.
Keterangan
gambar 2 : dari 30
responden peneliti memberi item pertanyaan yaitu bagaimana pelayanan yang
diberikan oleh pemilik foto kopi. Dan jawaban responden menunjukkan bahwa
presentase paling sedikit 26,67% menunjukkan jawaban pelayanannya sedang,
kemudian presentase yang paling tinggi dan keduanya sama adalah jawaban kurang memuaskan, karena sangat lama
pelayanannya dan alasan Sangat bagus pelayanannya karena cepat dengan
presentase sama 36,67%.
Keterangan
gambar 3 : dari 30 responden peneliti memberi item
pertanyaan yaitu apakah anda pergi ke tempat foto kopi karena ajakan teman
kuliah. Dan jawaban mereka menunjukkan presentase yang paling rendah adalah
jawaban iya mereka diajak oleh temannya dengan presentase 40%. Sedangkan 60%
menjawab mereka tidak diajak oleh temannya.
Keterangan
gambar 4 : dari 30 responden peneliti memberi item
pertanyaan yaitu Apa yang paling anda harapkan dari pelayanan yang diberikan
tempat foto kopi.........mohon sertakan alasannya. Jwaban responden menunjukkan
presentase yang paling rendah adalah jawaban pelayanan yang ramah dari penjuan,
Sedangkan presentase yang paling tinggi adalah jawaban harganya lebih murah
lagi dengan presentase 46,67%.
KESIMPULAN
Dari hasil olah data
yang telah dijelaskan bahwa yang diinginkan oleh para pengguna (konsumen) toko
foto kopi adalah toko foto kopi memberikan harga yang relatif murah dan sesuai
standar. Pelayanan yang diberikan harus
lebih baik, lebih cepat dan lebih ramah.
REKOMENDASI
Toko foto kopi memberikan
harga yang relatif murah dan sesuai standar dan pelayanan yang diberikan harus
lebih baik, lebih cepat dan lebih ramah.
REFERENSI
Buchari, Alma. 2008. Manajemen
Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Oleh : Heni lusiawati (131005079)
Oleh : Heni lusiawati (131005079)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar