Artikel
Riset Pasar
Strategi
Pemasaran Produk Perusahaan
Pemasaran merupakan
salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya
untuk memepertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan perkembangan usahanya
dan mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan tergantung pada
kemampuan dan kehalian di bidang pemasaran. Dalam pencapaian tujuan perlu
adanya strategi pemasaran yaitu suatu rencana yang dimiliki oleh suatu
perusahaan sebagai pedoman bagi kegiatan-kegiatan pemasaran guna mencapai
tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan (Basu Swasta & Irawan, 1990).
Dalam memulai
menjalankan suatu usaha perlu adanya rencana strategi pemasaran pendahuluan
untuk memperkenalkan produk baru itu ke pasar. Rencana tersebut terdiri dari
tiga bagian pertama pemosisian produk, pangsa pasar. Bagian kedua tentang
strategi distribusi dan anggaran . Bagian ketiga melakukan strategi bauran pemasaran
yaitu strategi tentang harga, distribusi, produk, promosi yang akan dijalankan
oleh sebuah perusahaan (Fandy Tjiptono, 2008).
Strategi pemasaran
merupakan pernyataan (baik secara implisit maupun eksplisit) mengenai bagaimana
suatu merek atau lini produk mencapai tujuannya Bennett dalam Fandy Tjiptono (
2008). Sementara itu Tull dan Kahle dalam Fandy Tjiptono (2008) mendifinisikan
strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai
tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan
melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang diguakan untuk melayani
pasar sasaran tersebut.
Pada dasarnya strategi
pemasaran memberikan arah dalam kaitannya dengan variabel-variabel seperti
segmentasi pasar, identifikasi pasar sasaran, positioning elemen bauran
pemasaran, dan biaya bauran pemasaran. Strategi pemasaran merupakan bagian
integral dari strategi bisnis yang memberikan arah pada semua fungsi manajemen
suatu organisasi.
Pemasaran sebuah produk
sangat penting dilakukan secara terus-menerus demi menjaga eksistensi penerimaan
produk di dalam masyarakat. Dengan adanya pemasaran inilah masyarakat akan
selalu tahu dan akan memutuskan mau sertaingin untuk membeli produk tersebut.
Dengan inilah perusahaan akan mendapatkan keuntungan dengan sendirinya.
Oleh : Heni lusiawati (131005079)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar