Selasa, 02 Juni 2015

Laporan Penelitian Riset Pasar : Riset Lapangan tentang Pasar Mobil Bekas di daerah TVRI


Laporan Penelitian Riset Pasar : Riset Lapangan tentang Pasar Mobil Bekas di daerah TVRI
I.                   Introduksi
Pasar mobil bekas di area depan TVRI ini bermula dari tahun 2003, awalnya pasar mobil bekas ini berada di daerah Bernas. Para penjual mobil bekas ini sangat beragam, mulai dari daerah kota Yogyakarta sendiri maupun daerah luar Yogyakarta. Dalam riset lapangan yang dilakukan peneliti saat ini fokus yang ingin dicari adalah tentang kegiatan pemasaran dari mobil bekas dan trend mobil yang banyak dicari pembeli untuk tahun ini.


II.            Tujuan Penelitian
Riset ini bertujuan untuk mengetahui tentang kegiatan pemasaran dari mobil bekas dan trend mobil yang banyak dicari pembeli untuk tahun ini.
III.             Subjek penelitian
Subjek penelitian adalah para penjual dari mobil bekas dan pembeli.
IV.             DESKRIPSI HASIL RISET
·         Pendapat (argumen) dari para penjual mobil
Kondisi pasar saat ini sangat berbeda dengan kondisi pasar ketika dua atau tiga tahun yang lalu. Hal itu disebabkan karena untuk saat ini para pesaing semakin banyak dan jumlah pembeli mulai menurun. Sehingga dengan fenomena yang terjadi ini menyebabkan antara supply dan demand mobil bekas tidak seimbang, banyak mobil yang dijual dan ditawarkan namun permintaan (pembeli) hanya sedikit dan berkurang.
Pada waktu dua atau tiga tahun yang lalu per bulan mobil dapat laku sampai 8 unit, namun untuk saat ini mobil hanya dapat laku 2 unit penjual sudah sangat beruntung. Faktor yang menyebabkan sepinya pembeli diakibatkan karena biaya hidup yang semakin tinggi dan membuat mayarakat kurang berminat untuk membeli mobil. Adapun yang menyebabkan ramainya pembeli ketika waktu menjelang lebaran ataupun hari raya.
Hampir semua narasumber mengatakan trend mobil yang sangat dicari pembeli untuk tahun ini adalah mobil jenis niaga (seperti Avansa, Xenia). Alasan mereka mobil niaga sangat dicari pembeli karena pembeli suka mencari mobil yang ukuran lebih besar dan muat untuk sekeluarga (banyak), harga mobil niaga sangat strategis dan relatif murah (harga menengah kebawah), harganya berkisar Rp. 100.000.000,00. Selain itu yang mempengaruhi pembeli untuk membeli mobil niaga juga disebabkan karena ajakan dari teman ataupun tetangga yang menganjurkan untuk membeli mobil dengan tipe dan merk yang sama seperti mobil mereka.
Masalah penentuan harga mobil bekas otomatis menyesuaikan dengan informasi harga dari mobil baru, untuk perbedaan harga antar penjual selisihnya hanya sekitar 0-5.000.000. Antara pembeli yang menawar diluar dengan pembeli yang ada di daerah pasar harga yang ditawarkan juga berbeda. Untuk pembeli yang langsung menawar diluar diberi harga yang lebih murah (relatif lebih rendah) dibanding dengan harga pasar.
·         Pendapat (argumen) dari para pengunjung pasar mobil (calon pembeli)
Menurut pembeli masalah penentuan harga mobil bekas memang harus menyesuaikan dengan harga mobil baru. Selain itu menurut pembeli penjual ketika menentukan harga pasaran mobil tergantung dari harga pasar dan kondisi ekonomi indonesia. Jika kondisi ekonomi indonesia menurun penjual seharusnya memasang harga mobilnya relatif rendah juga, agar nantinya yang awalnya pembeli hanya berniat 50% ingin membeli mobil berubah menjadi 100% membeli mobil tersebut.
Pembeli juga mengatakan trend mobil yang diinginkan dan saat ini jadi favorit adalah mobil niaga (seperti Xenia, Avansa). Alasannya karena dengan membeli mobil niaga selain harganya lebih murah dan masih menjangkau, pembeli juga sangat diuntungkan karena mobil niaga sangat memungkinkan dapat menampung banyak penumpang minimal untuk pergi sekeluarga.
KESIMPULAN
Pasar mobil bekas saat ini keadaannya sangat berbeda dengan dua tiga tahun lalu, untuk saat ini antara supply dan demand mobil bekas sangat berbeda drastis. Banyak penjual yang menawarkan mobilnya, namun jumlah pembeli saat ini menurun.

Oleh : Heni lusiawati (131005079)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar