Selasa, 03 Maret 2015

Laporan Penelitian
Tema: Melihat Interaksi Pelayan dengan Pemilik Stan Makanan



Tujuan penelitian: mengamati fenomena part time job di rumah makan Jogja Kuliner apakah para pekerja hanya bekerja sebagai waiter atau pelayan semata ataukah ada fungsi lain yang dilakukan oleh para pelayan di Jogja Kuliner.
Metode Penelitian: Penulis menggunakan penelitian jenis Observasi Non Partisipatoris, yaitu peneliti dalam mendapatkan data tidak turut terlibat sebagai obyek yang di observasi, peneliti di sini hanya sebagai penonton.
Lokasi observasi: Jogja Kuliner, Jalan Kledokan, Catur Tunggal, Sleman.
Waktu observasi: tanggal 1 Maret 2015 dari pukul 16.00 - 20.00 WIB dan tanggal 2 Maret 2015 pukul 16.00 – 20.00 WIB
Hasil observasi:
Pada tanggal 1 Maret 2015: secara umum pelayan di Jogja Kuliner terbagi menjadi tiga mulai jam kerja, yaitu mulai pada pukul 10.00, Middle, dan pukul 13.30. Semua pegawai di Jogja Kuliner memiliki kewajiban delapan (8) jam kerja. Secara umum mereka menyajikan makanan dari setiap stan makanan, membersihkan setiap meja yang sudah di tinggalkan oleh konsumen, dan  mengembalikan nota pembayaran ke setiap stan. Penulis melihat jumlah waiter di Jogja kuliner yang bekerja pada pukul 16.00 hingga pukul 18.00 terdapat delapan individu. Penulis juga melihat ada fungsi lain yang dilakukan oleh pelayan Jogja Kuliner ini yaitu mempromosikan produk. Hal ini terjadi karena ada seorang pelayan yang memiliki relasi yang cukup dekat dengan pemilik salah satu stan. Pemilik stan ini memberikan suatu perhatian spesial kepada salah satu pelayan tersebut, seperti memberikan makan gratis. Penulis berasumsi bahwa pelayan ini melakukan promosi sebagai sebuah balas budi atas apa yang sudah diberikan padanya. Di lain stan ternyata tidak hanya satu pelayan lain yang memiliki kedekatan hubungan dengan pemilik stan yang lain pula. Pemilik stan ini juga memiliki hubungan yang erat dengan pelayan tersebut. Bentuk kedekatan yaitu penjaga stan ini memberikan makan pada pelayan tersebut, namun pelayan ini tidak melakukan hal yang sama dengan pelayan yang sebelumnya.
Pada hari yang kedua yaitu tanggal 2 Maret 2015. Penulis melihat hal yang sama pada hari yang sebelumnya yaitu ada pelayan yang memiliki kedekatan dengan pemilik stan makanan.

Penulis menyimpulkan bahwa seorang individu dan individu lain menjalin suatu relasi akibat dari adanya interaksi yang berlangsung terus menerus sehingga relasi itu terbangun pada waktu tertentu. Seperti halnya hubungan antara pelayan dan pejaga stan.

Brendha Gebby P 131004986

Tidak ada komentar:

Posting Komentar