Laporan Penelitian
Tema: Melihat Interaksi Pelayan dengan Pemilik Stan Makanan
Tujuan penelitian: mengamati fenomena part time job di rumah
makan Jogja Kuliner apakah para pekerja hanya bekerja sebagai waiter atau
pelayan semata ataukah ada fungsi lain yang dilakukan oleh para pelayan di
Jogja Kuliner.
Metode Penelitian: Penulis menggunakan penelitian jenis
Observasi Non Partisipatoris, yaitu peneliti dalam mendapatkan data tidak turut
terlibat sebagai obyek yang di observasi, peneliti di sini hanya sebagai
penonton.
Lokasi observasi: Jogja Kuliner, Jalan Kledokan, Catur
Tunggal, Sleman.
Waktu observasi: tanggal 1 Maret 2015 dari pukul 16.00 -
20.00 WIB dan tanggal 2 Maret 2015 pukul 16.00 – 20.00 WIB
Hasil observasi:
Pada tanggal 1 Maret 2015: secara
umum pelayan di Jogja Kuliner terbagi menjadi tiga mulai jam kerja, yaitu mulai
pada pukul 10.00, Middle, dan pukul 13.30. Semua pegawai di Jogja Kuliner
memiliki kewajiban delapan (8) jam kerja. Secara umum mereka menyajikan makanan
dari setiap stan makanan, membersihkan setiap meja yang sudah di tinggalkan
oleh konsumen, dan mengembalikan nota
pembayaran ke setiap stan. Penulis melihat jumlah waiter di Jogja kuliner yang
bekerja pada pukul 16.00 hingga pukul 18.00 terdapat delapan individu. Penulis
juga melihat ada fungsi lain yang dilakukan oleh pelayan Jogja Kuliner ini
yaitu mempromosikan produk. Hal ini terjadi karena ada seorang pelayan yang
memiliki relasi yang cukup dekat dengan pemilik salah satu stan. Pemilik stan
ini memberikan suatu perhatian spesial kepada salah satu pelayan tersebut,
seperti memberikan makan gratis. Penulis berasumsi bahwa pelayan ini melakukan
promosi sebagai sebuah balas budi atas apa yang sudah diberikan padanya. Di
lain stan ternyata tidak hanya satu pelayan lain yang memiliki kedekatan
hubungan dengan pemilik stan yang lain pula. Pemilik stan ini juga memiliki
hubungan yang erat dengan pelayan tersebut. Bentuk kedekatan yaitu penjaga stan
ini memberikan makan pada pelayan tersebut, namun pelayan ini tidak melakukan
hal yang sama dengan pelayan yang sebelumnya.
Pada hari yang kedua yaitu
tanggal 2 Maret 2015. Penulis melihat hal yang sama pada hari yang sebelumnya
yaitu ada pelayan yang memiliki kedekatan dengan pemilik stan makanan.
Penulis menyimpulkan bahwa
seorang individu dan individu lain menjalin suatu relasi akibat dari adanya
interaksi yang berlangsung terus menerus sehingga relasi itu terbangun pada
waktu tertentu. Seperti halnya hubungan antara pelayan dan pejaga stan.
Brendha Gebby P 131004986
Tidak ada komentar:
Posting Komentar