Introduksi
Menurut Braudrillard (2004;87),
konsumsi adalah sistem yang menjalankan urutan tanda-tanda dan penyatuan
kelompok. Jadi konsumsi itu sekaligus sebagai moral (sebuah sistemideologi) dan
sistem komunikasi, struktur pertukaran. Dengan konsumsi sebagai moral, maka
akan menjadi fungsi sosial yang memiliki organisasi yang terstruktur yang
kemudian memaksa mereka mengikuti paksaan sosial yang tak disadari.
Produk
shampo banyak digunakan mahasiswa setiap hari. Harga shampo juga tergantung
dengan merk shampo itu sendiri, karena harga produk shampo yang berbeda-beda.
Tujuan
Tujuan riset pasar ini untuk
mengetahui perilaku kunsumen dalam memilih produk shampo.
Metodologi
a) Teknik pengambilan sampel
Sampel
responden yang digunakan yaitu mahasiwa fFISIP uajy. Teknik pengambilan
sampling yaitu random sampling, karena baik dari
responden fakultas teknik serta prodi sosiologi ataupun komunikasi kuantitas
(bobot) jawaban mereka sama rata tidak dibedakan.
b) Teknik
Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih
peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk
mengumpulkan data .
c) Tempat
dan Waktu Riset
Riset dilakukan di daerah kampus IV
Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Waktu riset pada tanggal 28 februari 2015.
Hasil riset
Keterangan P1: dari 30 responden yang menjadi
narasumber terdiri dari 19 orang dari Prodi Komunikasi dan 11 orang dari Prodi
Sosiologi.
Keterangan p2 : dari
30 responden yang menjadi narasumber, dengan pertanyaan produk shampo apa yang anda gunakan? diperoleh data mengenai
persentase yang paling besar yaitu 17 orang memilih jawaban lainnya, 4 orang
memilih jawaban produk sunslik, 5 orang memilih pantene dan 2 orang memilih
rejoice.
Keterangan P3 : dari 30 responden
yang menjadi narasumber dengan pertanyaan kenapa
anda memilih produk shampo itu? diperoleh data mengenai persentase yang
paling besar yaitu 16 orang memilih jawaban harum, 11 orang memilih jawaban
lainnya, 2 orang memilih harganya murah, dan 1 orang memilih terpengaruh
Keteranagan P4 : dari 30
responden yang menjadi narasumber dengan pertanyaan biasanya anda membeli produk shampo itu dimana? diperoleh data
mengenai persentase yang paling besar yaitu 14 orang memilih jawaban di mirota,
11 orang memilih jawaban lainnya, 4 orang memilih jawaban indomaret, dan 1 orang
memilih jawaban warung.
Keterangan P5 : dari 30
responden yang menjadi narasumber dengan pertanyaan apakah ada senang memakai produk shampo itu? diperoleh data mengenai
persentase yang lebih besar yaitu 19
orang memilih jawaban senang 7 orang memilih jawaban cukup senang, 3 orang
memilih jawaban lainnya, dan 1 orang tidak senang.
Keterangan P6 : dari 30
responden yang menjadi narasumber dengan pertanyaan apakah anda tahu manfaat dari produk shampo yang anda pakai ? diperoleh data mengenai persentase yang
paling besar yaitu 29 orang memilih tahu dan 1orang memilih kurang tahu.
Kesimpulan
: produk shampo yang paling banyak digunakan adalah lainnya yaitu sebesar 17
orang dan diikuti sunslik sebesar 4 orang. Selanjutnya jawaban responden
tentang kenapa anda memilih produk shampo itu jawaban yang lebih tinggi yaitu
harum sebanyak 16 orang dan yang terendah menjawab lainya sebesar 11 orang dan
yang terakhir yang senang memakai produk shampo sebanak 19 orang.
Referensi : Teori Konsumsi. Braudrillard (2004;87)
Diposkan
oleh : Listia Damanik, 131005039
Tidak ada komentar:
Posting Komentar