Selasa, 24 Maret 2015


Riset Pasar : Alasan Konsumen dalam Memilih Produk merek pasta gigi
I.         Introduksi
Pasta gigi  banyak digunakan masyarakat sebagai kebutuhan sehari-hari. Pasta gigi tidak hanya digunakan oleh orang dewasa tetapi anak-anak juga. Pasta gigi dibuat dengan tujuan untuk membersihkan gigi-gigi dari sisa-sisa makanan dan minuman, untuk menjaga permukaan gigi sebersih mungkin serta secemerlang mungkin , menjaga gusi serta menghilangkan bau yang disebabkan oleh aktivitas bakteri di dalam mulut.

Menurut Andriyanto (2009) dalam Suprapti (2010:2) persaingan yang semakin ketat membuat keberadaan merek menjadi sangat penting, mengingat merek bukan hanya sekedar nama atau simbol tetapi juga satu pembeda suatu produk dari produk lainnya sekaligus menegaskan persepsi kualitas dari produk tersebut. Merek juga memudahkan konsumen menentukan pilihan dan membantu meyakinkan kualitas produk yang dibelinya.


II.            Tujuan
Tujuan penelitian yang dilakukan ini ingin mengetahui alasan terpenting bagi anak muda dalam membeli produk pasta gigi. Sehingga penelitian ini juga dapat digunakan sebagai refensi dan acuan bagi para penjual pasta gigi bahkan perusahaan pasta gigi  untuk mengetahui posisi produknya dalam pasar.

III.            Metodologi

a.    Teknik Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada penelitian ini adalah para mahasiswa  FISIP UAJY. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling dengan 40 responden sebagai sampel.

b.      Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk mengumpulkan data mengingat sampel yang dipilih adalah mahasiswa  di FISIP UAJY yang sangat banyak jumlah mahasisanya.

c.       Tempat dan Waktu Riset
Riset dilakukan di FISIP UAJY. Waktu riset pada tanggal 20 Maret 2015. 







IV.            Hasil riset



Keterangan gambar 1 : dari 40 responden yang menjadi narasumber dengan pertanyaan jenis kelamin ? diperoleh data mengenai persentase yang seimbang yaitu 50% memilih jawaban pria dan 50% memilih jawaban wanita.







Keterangan gambar 2 : Dari 40 responden dengan pertanyaan jurusan? Memperoleh jawaban tertinggi yaitu  65,00% menjawab komunikasi , dan persentasi  terendah 35,00% menjawab sosiologi.














Keterangan gambar 3: dari 40 responden dengan pertanyaan merek pasta gigi apa yang paling sering anda gunakan? Memperoleh  persentase yang tertinggi yaitu pepsodent sebesar 70,00%, selanjutnya  diikuti oleh clode up dengan persentase sebesar 20,00%, dan formula sebesar 7,50%, serta yang terakhir jawaban yang terendah 2,50%.












Keterangan gambar 4 : dari 40 responden dengan pertanyaan apakah alasan yang mendorong anda untuk mengunakan merek pasta gigi tersebut? memperoleh persentase yang tertinggi 77,50% dengan jawaban kualitasnya baik, selanjutnya diikuti oleh 12,50% dengan jawaban harganya terjangkau, dan persentase  jawaban yang paling rendah adalah 10,00% yaitu promosi produk.











Keterangan gambar 5 : dari 40 responden dengan pertanyaan dimana biasanya anda membeli produk pasta gigi yang anda konsumsi? memperoleh persentase yang tertinggi  92,50% dengan jawaban supermarket ( indomaret, alfamart, mirota, dll) , selanjutnya diikuti oleh 5,00% dengan jawaban harganya terjangktoko-tokoau, dan persentase  jawaban yang paling rendah adalah 2,50% yaitu warung.







Keterangan gambar 6: dari 40 responden yang menjadi narasumber dengan pertanyaan apakah iklan mempengaruhi anda untuk membeli produk pasta gigi tersebut ? diperoleh data mengenai persentase yang seimbang yaitu 50% memilih jawaban ya dan 50% memilih jawaban tidak.








Kesimpulan : dari analisis yang telah dijelaskan maka kita akan mengetahi bahwa merek pasta yang sering digunakan adalah  pepsodent dengan persentase 70,00% serta  alasan yang mendorong anda untuk mengunakan merek pasta gigi tersebut? memperoleh persentase yang tertinggi 77,50%, selanjutnya dimana biasanya anda membeli produk pasta gigi yang anda konsumsi? memperoleh persentase yang tertinggi  92,50%.

 DIPOSKAN OLEH : LISTIA DAMANIK (131005039)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar