Riset Pasar : Merek
Rokok yang banyak dikonsumsi
I.
Introduksi
Indonesia merupakan salah satu pasar yang pontensial
bagi industry rokok saat ini, mengingat jumlah penjualan rokok nasional
Indonesia mengalami kenaikan setiap tahunnya. Meningkatnya penjualan ini tidak
lepas dari semakin banyaknya perokok. Pasar rokok dalam negeri akan terus
berkembang dimana perkembangannya dipicu oleh adanya konsumen baru khususnya
dikalangan anak muda yang menginginkan rokok sebagai teman yang dapat mewakili
bagian dari dirinya di pergaulan social.
Meningkatnya jumlah konsumsi rokok ini menjadikan
para produsen rokok berlomba-lomba untuk merebut pasar yang ada. Setiap
pengusaha akan berusaha untuk menampilkan keunggulan produk merek rokoknya yang
sangat banyak dokonsumsi dibandingkan
dengan produk merek rokok dari pesaing lainnya.
Berdasarkan fenomena diatas, penelitian ini akan
menjadi jawaban merek rokok yang banyak di konsumsi.
Tujuan
dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui tanggapan pasar terhadap Produk merek
rokok yang banyak dikonsumsi.
a. Teknik Pengambilan Sampel
Yang dijadikan Sampel responden
dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang merupakan perokok di Fakultas FISIP
UAJY. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling
dengan 30 responden sebagai sampel.
b. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih
peneliti adalah dengan kuesioner, Kuesioner memudahkan peneliti untuk
mengumpulkan data, mengingat ada banyak mahasiswa yang merokok di FISIP UAJY
ysng merupsksn sampelnya.
c. Tempat dan Waktu Riset
Riset dilakukan di Fakultas FISIP
Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Riset dilakukan selama 4 hari yaitu pada
tanggal 16 maret hingga 19 Maret 2015.
IV.
Hasil Riset
Keterangan
gambar 1 : Dari total 30 Responden dengan pertanyaan
Merek Rokok apa yang sering anda konsumsi
? Presentasi yang didapat dari 30 Responden tersebut adalah 26,67 %
mengkonsumsi merek rokok Marllboro, 30,00 % untuk merek rokok Gudang garam,
26,67% merek rokok Djarum dan 16,67 %
mengkonsummi merek Rokok Sempoerna Mild.
Keterangan
gambar 2 : Dari
30 responden diatas dengan pertanyaan Berapa
banyak anda merokok dalam sehari ?,Presentasi yang didapat adalah 86,67 %
menjawab Satu Bungkus, 13,33 % menjawab dua sampai tiga bungkus dan tidak ada
yang merokok tiga bungkus dalam sehari.
Keterangan gambar 3 : Dari
30 responden dengan pertanyaan Yang
mendasari anda memilih merek rokok tersebut ? , presentase yang didapat
adalah 10,00 % yang memilih harganya murah, 83,33 % karena rasanya nikmat dan
6,67 % yang mengikuti teman dalam memilih merek rokok.
Keterangan gambar 4 : Dari 30 responden dengan pertanyaan Apakah Anda mengetahui kualitas merek rokok
yang anda pilih ?. Presentasenya adalah 23,33 % menjawab sangat mengetahui,
73,33 % menjawab kurang tahu dan 3, 33% menjawab tidak tahu.
Keterangan gambar
5 : Dari 30 responden dengan pertanyaan Apakah
kemasan yang menarik pada merek rokok, mempengaruhi anda untuk memilih merek
rokok tersebut ? . Presentasenya adalah 26,67 % menjawab Iya, kemasan
sangat mempengaruhi dan 73,33% menjawab Tidak, kemasan tidak mempengaruhi.
Keterangan
gambar 6 : Dari 30 responden dengan pertanyaan
: Apakah anda terpengaruh dengan iklan
merek rokok, sehingga anda memilih merek rokok yang anda konsumsi ? . Presentasenya
adalah 30,00 % menjawab Iya, Iklan sangat mempengaruhi dan 70,00 % menjawab Tidak, Iklan tidak mempengaruhi.
Dari hasil pengolahan data yang telah dijelaskan
diatas, dapat di kita ketahui bahwa merek rokok yang banyak di konsumsi oleh
mahasiswa yang merupakan perokok di FISIP UAJY adalah merek rokok Marllboro
karena rasanya yang nikmat.
VI. Rekomendasi
:
Sebagai
data referensi bagi pengusaha yang menjual produk rokok disekitar kampus FISIP UAJY, agar lebih
dominan menjual merek rokok Marllboro.
Diposkan oleh :
Makarius Iwandi Jedaru ( 131005172 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar