Selasa, 02 Juni 2015

Laporan Penelitian Riset Pasar : Riset Lapangan tentang Pasar Mobil Bekas di Jl. Magelang  km 4 daerah TVRI
I.                   Introduksi
Semakin berkembang zaman banyak masyarakat  ingin membeli mobil untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari, terutama di dalam kehidupan keluarga. Masyarakat lebih banyak membeli mobil bekas, dari pada yang baru. Oleh karena itu orang banyak yang membangun bisnis usaha mobil bekas. Penjual mobil bekas banyak di jumpai di daerah istimewa yogyakarta maupun di luar yogyakarta.

TVRI yogyakarta yang berada di jl.raya magelang km 4 merupakan suatu bidang yang bergerak di pertelevisian lokal. Bisnis sampingan yang berada di tvri yaitu kegiatan penjualan mobil-mobil yang diselenggarakan di sekitar halaman gedung tvri yogyakarta. Penjualan mobil ini di dominasi oleh warga yogyakarta sendiri. Dalam riset lapangan yang dilakukan peneliti yaitu ingin mencari kegiatan pemasaran mobil bekas, trend mobil dan harga yang banyak dicari pembeli saat ini.

II.                Tujuan Penelitian
Riset ini bertujuan untuk mengetahui tentang kegiatan pemasaran dari mobil bekas, trend mobil dan harga  yang banyak dicari pembeli saat ini.
III.             Subjek penelitian
Subjek penelitian adalah para penjual dari mobil bekas dan pembeli.
IV.             DESKRIPSI HASIL RISET
·         Pendapat (argumen) dari para penjual mobil
Hampir semua narasumber mengatakan trend mobil yang sangat dicari pembeli untuk 2 tahun terakhir ini yaitu Avansa dan Xenia. Alasan karena mobil yang  dicari pembeli lebih menyukai  mobil yang ukuran lebih besar dan muat untuk sekeluarga (banyak). Juga harga mobil avansa dan xenia sangat strategis dan relatif murah . harganya berkisar Rp. 100.000.000,00. Dan mobil ini lebih laku dari pada mobil yang lain. Selain itu yang mempengaruhi pembeli untuk membeli mobil ,juga disebabkan karena ajakan dari teman, tetangga serta mendapatkan informasi dari dunia maya, yang menganjurkan untuk membeli mobil dengan tipe dan merk yang sama seperti mobil mereka.
·         Pendapat (argumen) dari para pengunjung pasar mobil (calon pembeli)
Menurut konsumen harga mobil bekas harus menyesuaikan dengan harga yang ada di sekitar yogyakarta. Dan menurut konsumen ketika membeli mobil bekas barang yang dibeli di lihat dari kondidi barang dan harga yang terjangkau. Jika kondisi ekonomi sudah turun, sebaiknya penjual menurunkan harga supaya ada minat untuk membeli mobil tersebut. Konsumen lebih banyak mengatakan trend mobil yang sering di cari yaitu xenia, dan avansa. Alasannya, karena dengan membeli mobil bekas harganya lebih murah dari pada yang baru. serta konsumen yang membeli mobil ini diuntungkan untuk menampung orang saat menjelang   hari raya dan bisa disewakan. Mobil itu juga muat untuk sekelurga yang memiliki anak banyak.

 Kesimpulan:
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas maka dapat dikattakan bahwa: Banyak masyarakat sekarang yang lebih memilih mobil yang bermerk avanza dan xenia karena kebutuhan tempat yang memadai.

Diposkan : listia damanik (131005039)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar