Laporan
Penelitian Riset Pasar : Riset Lapangan tentang Pasar Mobil Bekas di Jl.
Magelang km 4 daerah TVRI
I.
Introduksi
Semakin berkembang
zaman banyak masyarakat ingin membeli
mobil untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari, terutama di dalam kehidupan
keluarga. Masyarakat lebih banyak membeli mobil bekas, dari pada yang baru. Oleh
karena itu orang banyak yang membangun bisnis usaha mobil bekas. Penjual mobil
bekas banyak di jumpai di daerah istimewa yogyakarta maupun di luar yogyakarta.
TVRI yogyakarta yang
berada di jl.raya magelang km 4 merupakan suatu bidang yang bergerak di
pertelevisian lokal. Bisnis sampingan yang berada di tvri yaitu kegiatan
penjualan mobil-mobil yang diselenggarakan di sekitar halaman gedung tvri
yogyakarta. Penjualan mobil ini di dominasi oleh warga yogyakarta sendiri.
Dalam riset lapangan yang dilakukan peneliti yaitu ingin mencari kegiatan pemasaran
mobil bekas, trend mobil dan harga yang banyak dicari pembeli saat ini.
II.
Tujuan
Penelitian
Riset ini bertujuan untuk mengetahui
tentang kegiatan pemasaran dari mobil bekas, trend mobil dan harga yang banyak dicari pembeli saat ini.
III.
Subjek
penelitian
Subjek penelitian adalah para penjual
dari mobil bekas dan pembeli.
IV.
DESKRIPSI
HASIL RISET
·
Pendapat
(argumen) dari para penjual mobil
Hampir
semua narasumber mengatakan trend mobil yang sangat dicari pembeli untuk 2 tahun
terakhir ini yaitu Avansa dan Xenia. Alasan karena mobil yang dicari pembeli lebih menyukai mobil yang ukuran lebih besar dan muat untuk
sekeluarga (banyak). Juga harga mobil avansa dan xenia sangat strategis dan
relatif murah . harganya berkisar Rp. 100.000.000,00. Dan mobil ini lebih laku
dari pada mobil yang lain. Selain itu yang mempengaruhi pembeli untuk membeli
mobil ,juga disebabkan karena ajakan dari teman, tetangga serta mendapatkan
informasi dari dunia maya, yang menganjurkan untuk membeli mobil dengan tipe
dan merk yang sama seperti mobil mereka.
·
Pendapat
(argumen) dari para pengunjung pasar mobil (calon pembeli)
Menurut
konsumen harga mobil bekas harus menyesuaikan dengan harga yang ada di sekitar
yogyakarta. Dan menurut konsumen ketika membeli mobil bekas barang yang dibeli
di lihat dari kondidi barang dan harga yang terjangkau. Jika kondisi ekonomi
sudah turun, sebaiknya penjual menurunkan harga supaya ada minat untuk membeli
mobil tersebut. Konsumen lebih banyak mengatakan trend mobil yang sering di
cari yaitu xenia, dan avansa. Alasannya, karena dengan membeli mobil bekas harganya
lebih murah dari pada yang baru. serta konsumen yang membeli mobil ini
diuntungkan untuk menampung orang saat menjelang hari
raya dan bisa disewakan. Mobil itu juga muat untuk sekelurga yang memiliki anak
banyak.
Kesimpulan:
Berdasarkan hasil
penelitian yang telah dipaparkan di atas maka dapat dikattakan bahwa: Banyak masyarakat
sekarang yang lebih memilih mobil yang bermerk avanza dan xenia karena kebutuhan
tempat yang memadai.
Diposkan : listia damanik (131005039)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar