Selasa, 02 Juni 2015



Riset Pasar : Pemasaran Mobil Bekas
       I.            Introduksi    
Riset kali ini dilakukan di pasar Mobil Bekas, tepatnya di area TVRI yang beralamat di Jalan Megelang, kota Yogyakarta. Pasar mobil bekas ini merupakan tempat dijualnya segala produk mobil bekas dengan merek yang berbeda-beda pula,. Pasar ini berdiri sejak tahun 2003. Para penjualnya buka hanya dari kota Yogyakarta, melainkan dari berbagai macam daerah. Pasar ini dibuka tiap hari minggu dari pagi hingga malam hari. Fokus dilakukan riset di pasar mobil bekas ini adalah untuk mencari tahu tentang cara penjual memasarkan pada produk mobil bekas.
    II.            Tujuan Penelitian
Riset ini bertujuan untuk mengetahui tentang cara penjual memasarkan mobil bekas yang mereka jual.
 III.            Metodelogi
a.       Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah dengan wawancara langsung kepada narasumber.
b.      Subjek penelitian
Subjek penelitian adalah para penjual mobil bekas.
c.       Tempat dan Waktu Riset
Riset dilakukan di di pasar Mobil Bekas di area TVRI yang beralamat di Jalan Megelang, kota Yogyakarta, yaitu pada minggu, tanggal 31 mei 2015.



 IV.            Hasil Riset
Pendapat penjual mobil
Sebelum menghitung harga jual kendaraan. Para penjual akan mempersiapkan dan  memperhatikan secara jeli seperti apa mobil yang dijual. Dimana para penjual mobil bekas ini mengecek mobil bekas secara detail.
Merek
Merek merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dengan baik, karena merek akan mempengaruhi harga jual dari mobil tersebut. 
Tipe
Tipe dari mobil harus juga dicek dengan baik. Tipe mobil harus dipahami dengan jeli karena tidak semua tipe dari kendaraan mampu dijual dengan harga tinggi, ini dikarenakan jikalau tipe mobil yang akan dijual tidak populer, maka semakin sulit juga untuk menentukan harga jual yang tinggi
Tahun Produksi
Tahun produksi juga sangat berpengaruh besar terhadap mobil yang akan di jual. Berdasarkan penjualan yang dilakukan selama ini, konsumen banyak memperhatikan tahun dari mobil bekas yang dijual ini, karena semakin muda usia mobil bekas ini, maka semakin tinggi juga harga mobil yang dijual, sebaliknya jika tua usia mobil yang dijual maka semakin turun harga mobil yang dijual.
Kondisi Kendaraan
Kondisi kendaraan juga perlu diperhatikan dalam menjual mobil, karena biasanya para konsumen akan lebih banyak bertanya tentang kondisi kendaraan seperti dari segi mesin, bodi, interior, dan lain-lain.
Ketersediaan peralatan keperawatan
Biasanya masih sering ditemui pembeli yang lebih memilih mobil yang mudah ditemukan peralatan dan mudah perawatannya.
Kelengkapan Surat-Surat
Kelengkapan surat-surat sudah merupakan barang yang patut hadir dalam sebuah mobil atau kendaraanya lainnya. Berdasarkan pengalamannya, jika mobil yang tidak memiliki surat-surat kendaraan, maka mobil bekas tersebut akan diamankan oleh pihak yang berwajib. Oleh karena itu, mobil yang dijual adalah mobil yang memiliki surat-surat yang jelas, sehingga dengan itu juga mobil bekas yang dijual akan bias dipasang dengan harga tinggi.

KESIMPULAN
Dari data yang didapat dari narasumber diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa cara memasarkan mobil bekas guna menghindari kerugian adalah dengan memperhatikan factor-faktor diatas, selain itu, mencari tahu dahulu seperti apa harga mobil lainnya di pasaran.

Oleh : Makarius Iwandi Jedaru ( 131005172 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar