Riset Pasar : Pemasaran Mobil Bekas
I.
Introduksi
Riset
kali ini dilakukan di pasar Mobil Bekas, tepatnya di area TVRI yang beralamat
di Jalan Megelang, kota Yogyakarta. Pasar mobil bekas ini merupakan tempat dijualnya
segala produk mobil bekas dengan merek yang berbeda-beda pula,. Pasar ini
berdiri sejak tahun 2003. Para penjualnya buka hanya dari kota Yogyakarta,
melainkan dari berbagai macam daerah. Pasar ini dibuka tiap hari minggu dari
pagi hingga malam hari. Fokus dilakukan riset di pasar mobil bekas ini adalah untuk
mencari tahu tentang cara penjual memasarkan pada produk mobil bekas.
II.
Tujuan Penelitian
Riset
ini bertujuan untuk mengetahui tentang cara penjual memasarkan mobil bekas yang
mereka jual.
III.
Metodelogi
a.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah dengan wawancara langsung kepada
narasumber.
b.
Subjek penelitian
Subjek
penelitian adalah para penjual mobil bekas.
c.
Tempat dan Waktu Riset
Riset
dilakukan di di pasar Mobil Bekas di area TVRI yang beralamat di Jalan
Megelang, kota Yogyakarta, yaitu pada minggu, tanggal 31 mei 2015.
IV.
Hasil Riset
Pendapat
penjual mobil
Sebelum
menghitung harga jual kendaraan. Para penjual akan mempersiapkan dan memperhatikan secara jeli seperti apa mobil
yang dijual. Dimana para penjual mobil bekas ini mengecek mobil bekas secara
detail.
Merek
Merek
merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dengan baik, karena merek
akan mempengaruhi harga jual dari mobil tersebut.
Tipe
Tipe
dari mobil harus juga dicek dengan baik. Tipe mobil harus dipahami dengan jeli
karena tidak semua tipe dari kendaraan mampu dijual dengan harga tinggi, ini
dikarenakan jikalau tipe mobil yang akan dijual tidak populer, maka semakin
sulit juga untuk menentukan harga jual yang tinggi
Tahun
Produksi
Tahun
produksi juga sangat berpengaruh besar terhadap mobil yang akan di jual.
Berdasarkan penjualan yang dilakukan selama ini, konsumen banyak memperhatikan
tahun dari mobil bekas yang dijual ini, karena semakin muda usia mobil bekas
ini, maka semakin tinggi juga harga mobil yang dijual, sebaliknya jika tua usia
mobil yang dijual maka semakin turun harga mobil yang dijual.
Kondisi
Kendaraan
Kondisi
kendaraan juga perlu diperhatikan dalam menjual mobil, karena biasanya para
konsumen akan lebih banyak bertanya tentang kondisi kendaraan seperti dari segi
mesin, bodi, interior, dan lain-lain.
Ketersediaan
peralatan keperawatan
Biasanya
masih sering ditemui pembeli yang lebih memilih mobil yang mudah ditemukan peralatan
dan mudah perawatannya.
Kelengkapan
Surat-Surat
Kelengkapan
surat-surat sudah merupakan barang yang patut hadir dalam sebuah mobil atau
kendaraanya lainnya. Berdasarkan pengalamannya, jika mobil yang tidak memiliki
surat-surat kendaraan, maka mobil bekas tersebut akan diamankan oleh pihak yang
berwajib. Oleh karena itu, mobil yang dijual adalah mobil yang memiliki
surat-surat yang jelas, sehingga dengan itu juga mobil bekas yang dijual akan
bias dipasang dengan harga tinggi.
KESIMPULAN
Dari
data yang didapat dari narasumber diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa cara
memasarkan mobil bekas guna menghindari kerugian adalah dengan memperhatikan
factor-faktor diatas, selain itu, mencari tahu dahulu seperti apa harga mobil
lainnya di pasaran.
Oleh
: Makarius Iwandi Jedaru ( 131005172 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar